Seputar Larangan dan Pantangan Ibu Hamil

Wednesday 18 January 2017

9 Tips Menjaga Kandungan Dan 4 Trik Dalam Fase 2 Bulan Kehamilan Yang Harus Dilakukan

9 Tips Menjaga Kandungan Dan 4 Trik Dalam Fase 2 Bulan Kehamilan Yang Harus Dilakukan

Larangan Ibu Hamil-Usia kehamilan menginjak fase yang kedua bulan adalah fase dimana detak jantung buah hati mulai akan terbentuk. Sehingga kehidupan akan mulai tampak dari situ. Dan kelangsungan saraf serta sisitem yang lain ini juga muali akan bekerja. Sehingga bisa dikatakan dalam fase ini sang ibu harus ekstra hati-hati dalam menjaga kandunganya. Sebab detail organ pada janin juga akan mulai terlihat.  Sehingga anda dapat melihat bagian wajahnya yang mulai terbentuk, dengan di tandai bintik atau tanda hitam yang menandakan mata, hidung, telinga serta mulut pada janin.

Dan  Berikut trik dalam menjaga kehamilan dalam fase 2 bulan ini

1.  Hindari Stress

Pada bulan kedua, janin Anda akan mulai membentuk organ serta mulai menampakkan bagian wajahnya. Namun bagi ibunya sendiri, akan mulai terasa ciri-ciri kehamilan baik secara fisik maupun psikologis. Ibu hamil akan mulai merasakan mual dan mengalami muntah yang berkala, atau yang biasa disebut morning sickness.

Selain itu, Anda akan mulai merasa peka dengan kehamilan Anda. Tak jarang calon ibu akan merasa stress karena terjadi perubahan-perubahan pada dirinya. Namun tenang saja, perubahan ini wajar terjadi sehingga Anda tak perlu merasa depresi atau stress. Justru hindarilah stress karena Anda akan dapat menjalani kehamilan dengan lebih baik dan tenang. Stress berlebihan juga dapat menyulitkan Anda untuk tidur, sehingga Anda beresiko terkena insomnia.

2. Olahraga

Tips untuk usia kehamilan 2 bulan yang berikutnya adalah berolahraga. Walaupun banyak anggapan yang tidak membolehkan ibu hamil untuk olahraga, baik karena kegiatan yang berat dan dapat membahayakan kehamilan, olahraga tetap dibutuhkan bagi ibu hamil. Olahraga justru sangat penting dilakukan bagi ibu hamil, walaupun jenis olahraga, berat olahraga serta frekuensinya tak sama dengan orang lain.

Ibu hamil tetap membutuhkan olahraga untuk menggerakan sendi-sendi tubuhnya, karena ibu hamil akan menopang berat janinnya selama berbulan-bulan. Selain itu, olahraga sangat penting untuk memperlancar peredaran darah tubuh ibu hamil, sehingga tubuh akan terasa lebih segar dan bugar untuk menjalani masa kehamilan. Eits, tapi jangan melakukan olahraga yang terlalu berat, ya!

3.  Mengontrol Konsumsi Makanan

Selain mengatur pola olahraga yang teratur, Anda pun harus mengatur pola konsumsi yang baik. Terutama karena Anda sedang mengandung janin yang wajib Anda berikan nutrisi baik, Anda pun harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi serta gizi yang cukup. Beberapa kandungan nutrisi yang bisa menjadi fokus konsumsi Anda di antaranya adalah asam folat dan zat besi. Asam folat sangat penting untuk perkembangan otak dan saraf janin. Asam folat pun berperan besar untuk menurunkan resiko bayi lahir cacat serta resiko keguguran pada ibu hamil. Sementara zat besi dapat berperan sebagai nutrisi pembangun bagi janin yang sedang berkembang di dalam kandungan.

4.  Mulai Menghindari Pekerjaan Berat

Jika Anda terbiasa melakukan pekerjaan berat di rumah seperti menyapu, mengepel, mencuci baju, dan pekerjaan rumah tangga lainnya, Anda bisa mulai mengurangi kegiatan tersebut pada usia kehamilan 2 bulan ini. Mengapa? Karena pekerjaan yang berat dapat menimbulkan tekanan pada kandungan Anda yang masih berkembang. Kehamilan Anda yang masih muda ini sangat rentan terhadap keguguran, sehingga Anda harus mengurangi tekanannya dengan menghindari pekerjaan berat.

Mintalah pada suami untuk menggantikan Anda melakukan berbagai pekerjaan berat yang biasa Anda lakukan. Selain itu, jangan terlalu lama melakukan suatu pekerjaan berat agar tidak stress dan lelah. Istirahatlah lebih sering agar tubuh Anda tidak merasa begitu lelah.
Untuk menunjang keselamatan dan kesehatan jabang bayi dan ibunya , ada baiknya melakukan trik aman untuk menjaga kehamilan. mungkin sifatnya tidak harus tapi untuk amannya tidak ada salahnya untuk dicoba. Hindari semua yang berkaitan dengan emosi dan kerja berat.

9 Tips Menjaga Kandungan Dan 4 Trik Dalam Fase 2 Bulan Kehamilan Yang Harus Dilakukan

Dan Berikut Trik menjaga kehamilan yang bisa anda praktekan

1. Jangan beraktifitas berat di awal kehamilan

Pada umumnya, di awal kehamilan ibu hamil akan merasakan kondisi tubuh yang letih dan mudah lelah, bahkan tidak jarang ibu hamil yang sampai pingsan karena tekanan darah menjadi rendah. Agar kondisi ibu hamil tetap fit dan tidak semakin letih lelah, sebaiknya ibu hamil menghindari aktifitas yang berat - berat. Bukan berarti ibu hamil dilarang beraktifitas dan disuruh tidur terus, tapi batasi aktifitas  sehari - hari dengan aktifitas ringan,  jangan lakukan aktifitas berat karena bisa menambah letih dan lelah.

2. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama saat hamil

Berdiri atau duduk terlalu lama juga kurang baik dilakukan oleh ibu hamil. Dengan berdiri atau duduk yang terlalu lama, ibu hamil akan merasa tambah lemes dan membuat tidak nyaman. Oleh karena itu jika Anda sedang menjalani masa kehamilan, pastikan beristirahat yang cukup dan hindari duduk atau berdiri yang terlalu lama. Jika Anda termasuk wanita yang bekerja dengan banyak duduk, seperti pekerja kantor, penjahit dan lain sejenisnya, cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter untuk menentukan langkah apa yang paling tepat Anda lakukan.

3. Ibu hamil harus bisa mengendalikan emosi dan hindari stress

Ketika Anda sedang menjalani masa awal kehamilan, perubahan mood akan terasa sekali. Hal ini dipicu oleh perubahan hormonal ibu hamil. Namun demikian, emosi sebaiknya tetap harus dikendalikan, karena emosi ibu hamil yang membludak bisa berujung pada kontraksi rahim yang membahayakan kehamilan bahkan memicu terjadinya keguguran.
Ketika emosi sedang naik, sebaiknya ibu hamil segera melalukan sesuatu yang bisa meredam emosi, seperti mendekatkan dengan Sang Pencipta, bercengkerama dengan suami dan lain - lain, karena emosi yang tak kunjung henti bisa berakibat stress dan berpengaruh pada kesehatan janin.

Pengendalian emosi akan menjadi sangat penting bagi ibu hamil dengan tekanan darah tinggi / hipertensi, karena emosi tang dibiarkan berlarut akan membuat tensi darah semakin naik dan tentu ini sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan ibu hamil itu sendiri.
Stress yang dialami oleh wanita hamil bisa berdampak buruk pada janin dalam kandungan, karena janin dalam rahim itu bisa merespon segala sesuatu yang dialami oleh ibunya. Bahkan menurut penelitian ahli, stress ibu hamil yang berlarut bisa memicu terjadinya bayi lahir prematur bahkan terjadinya keguguran. Lalu bagaimana cara menghindari stress saat hamil ? yaitu dengan melakukan aktifitas yang menyenangkan dan rileks dalam menghadapi segala sesuatu.

4. Penuhi nutrisi ibu hamil muda dengan baik

Untuk menjaga kehamilan, asupan nutrisi juga harus diperhatikan. Pada saat hamil muda, selera makan biasanya menurun, bahkan rasa mual dan muntah selalu menyelimuti diri, namun jangan sampai malas, lawan semuanya tadi agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Jika asupan nutrisi kurang, besar kemungkinan kehamilan terganggu yang berakibat jelek pada janin. Untuk menghilangkan mual saat hamil coba tips yang saya tulis diartikel blog ini dengan judul Tips Menghilangkan Mual Saat Hamil Muda.

5. Jangan lakukan kebiasaan buruk selama hamil

Kebiasaan buruk yang kami maksud adalah kebiasaan merokok, minum alkohol, memakai narkoba, dan mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan terjadinya bayi cacat atau keguguran. Untuk mengetahui makanan penyebab keguguran lebih lengkap, Kafein juga perlu dihindari pada masa kehamilan muda, apalagi bagi penderita anemia, karena kefein bisa memperburuk anemia.

6. Konsultasikan kehamilan

Untuk menjaga kehamilan, Anda juga perlu untuk mengkonsultasikan kondisi kehamilan kepada dokter kandungan atau bidan secara rutin. Buku pemeriksaan kehamilan berwarna pink hendaknya selalu dibawa ketika pergi ke dokter atau bidan. Ketika Anda telah berada di ruang pemeriksaan, jangan sungkan untuk menyampaikan semua keluhan yang Anda alami, mulai dari rasa mual, pusing, ingin muntah dan lain - lain. Dengan demikian dokter atau bidan akan lebih mudah mengetahui kondisi kehamilan, bermasalah atau tidak, normal atau tidak normal. Konsulasi kepada dokter akan menjadi lebih penting jika Anda mengalami hal yang tidak wajar, misalnya muntah yang tak kunjung henti, keputihan yang lama tidak berhenti, demam tinggi, terjadi pendarahan  dan lain - lain.

7. Kurangi frekuensi bercinta saat hamil muda

Bercita merupakan hal yang wajar dilakukan oleh suami istri, bahkan pada saat hamil sekalipun. Jika sebelum hamil, frequensi bercinta terlalu tinggi, maka sebaiknya dikurangi dulu, terutama pada saat hamil muda. Bukannya tidak boleh, tapi kurangi dulu untuk mengurangi resiko terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Mengapa demikian ? karena bercinta pada awal masa kehamilan yang dilakukan terlalu sering dan dengan posisi yang kurang tepat, bisa memicu terjadinya kontraksi rahim, bahkan bisa menjadi penyebab keguguran.

8. Ajak Suami Merawat Kehamilan

Suami adalah bagian dari keluarga yang paling berperan untuk ikut menjaga kehamilan sang istri. Apa yang perlu dilakukan oleh suami ? Memberikan support  dan perhatian yang lebih kepada istri serta menjaga istri agar tidak sampai berfikir keras yang berakibat stress. Selain itu, komunikasi pasangan suami istri yang baik juga sangat diperlukan, karena komunikasi yang baik bisa membuat ibu hamil tidak bingung mencari orang untuk diajak curhat. Bayangkan saja, ketika ibu hamil punya masalah lalu tidak ada orang yang bisa diajak curhat, pasti hati ibu hamil menjadi tidak karuan dan pikiran menjadi galau yang berujung pada stress, walhasil kesehatan janin dalam kandungan pun  ikut terganggu.

9. Menghindari makanan dan minuman tertentu selama hamil

Ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari pada saat hamil. Makanan dan minuman tersebut perlu dihindari karena, bisa berdampak buruk pada janin. Beberapa makanan dan minuman

9 Tips Menjaga Kandungan Dan 4 Trik Dalam Fase 2 Bulan Kehamilan Yang Harus Dilakukan

Gima mudah bukan, ohnya selalu libatkan pasangan anda untuk bersama dalam menjaga kehamilan anda. Karena  itu berpengaruh pada otak bayi yo sobat mam. Sang calon bayi akan merasa nyaman jika kehadiranya selalu dinantikan dan ini bisa berpengaruh pada daya emosinya juga. Semakin adan sering memperhatiakan dan beriteraksi denganya semakin bagus. Ayo bersama jaga kondisi kehamialan dan peruhi kasih sayangnya semenjak dini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Tips Menjaga Kandungan Dan 4 Trik Dalam Fase 2 Bulan Kehamilan Yang Harus Dilakukan

0 comments:

Post a Comment