Seputar Larangan dan Pantangan Ibu Hamil

Tuesday 31 January 2017

Manfaat Kelapa Ijo Dan Mitosnya Bagi Ibu Hamil


Manfaat Kelapa Ijo Dan Mitosnya Bagi Ibu Hamil

Larangan Ibu Hamil-Kelapa ijo atau kelapa ijo  memiliki beberapa khasiat yang sangat baik terutama untuk Ibu Hamil. Seperti diketahui bahwa nutrisi Ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan. Kelapa ijo  atau kelapa muda selain dikenal dengan minuman pelepas dahaga ternyata memiliki beberapa manfaat jika dikonsumsi untuk Ibu hamil. Bahlan banyak ahli gizi yang menyarankan bahwa mengonsumsi kelapa ijo  sangat dianjurkan, khususnya untuk Ibu hamil muda. Kelapa ijo  mengandung berbagai zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah protein, karbohidrat, folat dan masih banyak kandungan lain yang bemanfaat untuk nutrisi Ibu hamil.

Beragam jenis manfaat bisa kita dapatkan di air kelapa ijo , ia bisa menghindari dehidrasi, kurangi kelelahan, bantu bangun system kekebalan tubuh, tingkatkan manfaat ginjal, menghindari infeksi saluran kemih (ISK), dan menurunkan tekanan darah tinggi. Sebagian orang juga menyampaikan kalau minum air kelapa ijo  bisa menurunkan kemungkinan morning sickness serta sembelit yang disebut permasalahan umum sepanjang masa kehamilan.

Adajuga yang mengatakan jika minum air kelapa saat hamil akan membuat kulit bayinya menjadi putih dan rambutnya akan subur dan bagus.Namanya juga mitos, boleh dipercaya ataupun tidak dipercaya. Karena belum ada penelitian yang meneliti pengaruh air kelapa bagi putih tidaknya kulit bayi. Menurut para ahli, air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan. Saat ini keadaan lingkungan yang semakin buruk, banyak polusi udara dimana-mana maka antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh. Apalagi untuk ibu yang sedang hamil maka antioksidan ini sangat diperlukan. Selain dari buah-buahan, antioksidan dapat diperoleh dari air kelapa. Jadi ketika bosan mengkonsumsi buah-buahan, maka ibu hamil dapat mengkonsumsi air kelapa.

Selain mengandung elektrolit dan antioksidan, pengaruh air kelapa bagi ibu hamil adalah membuat air ketubannya menjadi bersih dan jernih. Kedua zat itu dapat menyerap lendir dan kotoran dalam air ketuban. Jadi jika ada yang mengatakan minum air kelapa akan membuat kulit bayi putih, itu salah. Karena yang benar adalah air kelapa membuat air ketubannya menjadi bersih bukan kulit bayinya. Sedangkan untuk membuat rambut bayinya menjadi subur dan bagus, belum ada penelitiannya.

Dianjurkan kepada ibu hamil untuk meminum air kelapa ijo  secara rutin sejak usia kehamilan mencapai 6 bulan sampai saatnya melahirkan. Air kelapa yang baik dikonsumi oleh ibu hamil adalah air kelapa ijo . Kelapa ijo  berbeda dengan kelapa lainnya. Kelapa ijo  memiliki ciri khas tertentu yaitu ketika dikupas, bagian atas kulit dalamnya berwarna merah muda. Mengapa air kelapa ijo ? Karena air kelapa ijo  dipercaya mengandung lebih banyak antioksidan dan elektrolit yang baik untuk tubuh. Terutama untuk ibu yang sedang hamil

Manfaat Kelapa Ijo Dan Mitosnya Bagi Ibu Hamil

Manfaat Kelapa Ijo Dan Mitosnya Bagi Ibu Hamil

Yang pasti mengonsumsi kelapa ijo  terlebih pada saat kehamilan bisa memberi Anda sebagian khasiat, salah satunya yaitu :

1. Melawan Morning sickness

Morning sickness adalah masalah semasa kehamilan yang ditandai dengan mual ataupun muntah. Umumnya tanda-tanda ini bakal hilang waktu umur kandungan meraih 3 bln.. Kandungan elektrolit dalam khasiat air kelapa ijo  untuk ibu hamil bisa bantu menukar elektrolit yang hilang dari tubuh akibat terjadinya muntah.

2. Menghindari dehidrasi

Wanita yang tengah hamil mempunyai kemungkinan yang besar pada terjadinya dehidrasi. Hal semacam ini dapat dikarenakan banyak hal, umpamanya saja lantaran kerap muntah hingga cairan dalam tubuh banyak yang keluar. Hal semacam ini dapat menyebabkan tubuh jadi gampang capek serta lemah. Kandungan elektrolit dalam khasiat air kelapa ijo  untuk ibu hamil bisa bantu menukar cairan tubuh yang hilang, terlebih semasa kehamilan.

Minum air kelapa ijo  yang masihlah muda bisa bantu penuhi keperluan cairan saat tengah hamil, di mana hal itu bakal mensupport penambahan volume darah, pemeliharaan volume cairan amnion serta aliran untuk perubahan janin.

The Institute of Medicine mereferensikan kalau wanita hamil semestinya mengonsumsi keseluruhan 3 liter air /harinya. 20% cairan ini datang dari kelembapan pada makanan yang Anda makan, serta bekasnya yakni 80% datang dari air minum ataupun minuman yang bebas dari cafein. Minum air kelapa adalah sisi dari konsumsi cairan yang diperlukan itu.

3. Menjernihkan air ketuban

Kandungan elektrolit serta anti-oksidan di air kelapa ijo  bisa bersihkan serta menjernihkan air ketuban. Ke-2 zat itu dapat menyerap lendir dan kotoran yang ada di air ketuban. Hal semacam ini memperlihatkan kalau mitos yang sampai kini mengedar dalam orang-orang yang menyampaikan kalau air kelapa bisa bikin kulit bayi jadi putih, yaitu salah. Yang benar yaitu air kelapa bikin air ketuban jadi bersih.

4. Melindungi tekanan darah

Kandungan elektrolit seperti klorida, magnesium, natrium, serta riboflavin yang ada di air kelapa ijo  dapat melindungi tekanan darah supaya tetaplah normal. Dan berperan untuk melindungi kesehatan jantung. Baca juga khasiat mangga untuk ibu hamil yang kaya kalium untuk melindungi tekanan darah.

5. System metabolisme tubuh sepanjang kehamilan

Masa-masa kehamilan adalah saat yang rawan untuk beberapa wanita, di mana ia dapat alami beragam masalah system metabolisme. Hal semacam ini nanti bisa beresiko jelek pada perubahan janin didalam rahim, seperti bayi terlahir dengan bobot yang rendah, dan masalah system metabolisme si bayi di masa yang akan datang. Dalam khasiat air kelapa ijo  untuk ibu hamil banyak terkandung protein, serat, mangan, dan kandungan vitamin C yang di ketahui amat bertindak untuk tingkatkan system metabolisme beberapa wanita sepanjang sistem kehamilan.

6. Menyingkirkan toksin serta menghindari infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah masalah kehamilan yang berlangsung waktu hamil. Hal semacam ini dapat lantaran urin pada saluran kencing yang dikarenakan oleh pergantian mekanis serta hormonal yang berlangsung pada kehamilan. Tidak hanya itu, penambahan hormon progesterone yang berlangsung pada saat kehamilan bisa memberi besar serta berat rahim yang bisa menyebabkan inginduran otot-otot saluran kencing.

Akibatnya karena masalah ISK ini dapat bikin bayi wafat dalam rahim. Kandungan beragam jenis nutrisi di air kelapa ijo  yang masihlah muda bisa berperan sebagai diuretik alami dan, bisa keluarkan beberapa zat toksin yang ada pada tubuh lewat urin.

7. Menangani masalah pencernaan

Pergantian hormonal yang berlangsung semasa kehamilan bisa menghimpit perut ibu hamil. Hal semacam ini bakal menyebabkan ada masalah pencernaan atau yang dikatakan sebagai dispepsia. Umumnya tanda-tanda dari masalah ini mencakup munculnya rasa nyeri pada perut sisi atas, hingga menyebabkan sebagian keluhan seperti penyebabnya mual, muntah, perut kembung dan perasaan kenyang.

Anda bisa memperingan rasa tak nyaman ini atas masalah pencernaan itu dengan mengonsumsi air kelapa ijo  yang masihlah muda. Hal semacam itu karena sebab kandungan potasium, klorida, magnesium, serta elektrolit dalam buah ini yang cukup tinggi yang bisa tingkatkan manfaat usus, hingga bisa bantu memperingan sebagian keluhan seperti konstipasi, mulas, ataupun masalah pencernaan yang lain semasa kehamilan.

8. Menangani fluktuasi BP

Menurut seseorang ahil diet, berolahraga serta gizi ibu hamil yang datang dari mumbai India bernama Agarwal Deepshikha, menyebutkan kalau, “Air kelapa sarat bakal mineral mikro yang bisa bantu untuk menangani fluktuasi BP, terlebih pada trimester paling akhir. Mengonsumsi satu gelas air kelapa secara teratur 1 kali satu hari bisa bantu mengatur BP. ”

9. Cholesterol baik (HDL) dalam badan

Satu penelitian memperlihatkan kalau khasiat air kelapa ijo  untuk ibu hamil bisa bantu tingkatkan kolestrol baik (HDL) dalam tubuh, lantaran kandungan air itu tak ada unsur lemak serta cholesterol. Jadi, untuk ibu-ibu yang tengah dalam saat kehamilan tidak butuh cemas mengonsumsinya, lantaran hal itu malah bakal memberi kesegaran tubuh dan tubuh tampak lebih diisi.

10. Menghindari kram

Makin menambahnya umur kehamilan, hal itu bisa tingkatkan kemungkinan terjadinya kram pada kaki untuk sebagian wanita. Kandungan sebagian senyawa kimia di air kelapa ijo  seperti kalium, bisa jadikan alternative paling utama untuk mengobati masalah itu. Satu gelas air kelapa ijo  atau setara denagan 330 ml, bisa menghidangkan sampai 670 mg kalium. Itu bermakna kurang lebih 14% keperluan supply kalium semasa kehamilan dapat dipenuhi oleh air kelapa ijo . Selai itu, khasiat anggur untuk ibu hamil juga meredakan pembengkakan.

11. Menurunkan kemungkinan diabetes gestasional

Menurut satu artikel yang dimuat dalam jurnal “diabetes care” pada th. 2009 menyebutkan kalau mengonsumsi makanan diet yang kaya karbohidrat kompleks serta rendah gula simpel bisa kurangi resiko terserang diabetes gestasional. Diabetes gestaional atau atau Diabetes Melitus Gestasional/GDM adalah semacam diabetes melitus yang berlangsung cuma pada saat kehamilan saja serta bakal sembuh sesudah sistem melahirkan.

Air kelapa muda, saat menyebutkan namanya saja udah terbayang bagaimana enaknya konsumsi air kelapa. Air kelapa memanglah amat beri kesegaran serta baik untuk badan lantaran bisa ganti cairan badan yang hilang. Tidak hanya itu, air kelapa sendiri juga amat gampang didapati serta bisa jadi pengganti air mineral umum dalam melepas dahaga.

Air kelapa yang pas untuk diminum serta dikonsumsi yaitu air dari kelapa yang masihlah muda. Terbaik yaitu air kelapa yang daging buahnya masihlah tidak tebal serta belum sangat mengeras serta menebal. Banyak sekali bentuk kelapa, tetapi yang paling umum yaitu 2 bentuk, yakni air kelapa umum serta air kelapa ijo.

12. Kandungan elektrolit alami

Elektrolit adalah satu diantara bentuk mineral yang bisa bantu anda dalam kembalikan manfaat cairan badan yang hilang sepanjang melakukan aktivitas. Umumnya kekurangan cairan atau dehidrasi yang dihadapi badan bakal berlangsung bersamaan aktivitas yang dikerjakan. Hal semacam ini amat utama untuk ibu hamil, lantaran dehidrasi pada ibu hamil bisa mengakibatkan :

  • Sakit kepala serta pusing
  • Demam
  • Kram serta kejang otot


Tidak hanya itu, khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil yang memiliki kandungan elektrolit ini, bisa bermanfaat untuk kurangi kontraksi otot yang berlangsung ketika sistem kehamilan berjalan.

13. Adalah diuretik alami

Air kelapa muda mempunyai karakter diuretik alami, yang steril serta aman dikonsumsi terlebih untuk ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu hamil yang mempunyai karakter diuretik alami, bikin air kelapa muda bisa berguna sebagai :

  • Bantu membuat lancar sistem pembuangan urin
  • Bantu bersihkan salurang kemih
  • Bantu keluarkan zat toksin yang masuk kedalam badan
  • Bisa menghindari terjadinya infeksi pada saluran kemih.

14. Asam laurat untuk menghindari beberapa macam penyakit

Air kelapa muda mempunyai kandungan yang bernama asam laurat. Asam laurat ini adalah bentuk asam yang manfaatnya yaitu bisa bantu melawan serta menghindari terjadinya penyakit. Berikut ini ini yaitu sebagian khasiat air kelapa untuk ibu hamil dara kandungan asam lauratnya :

  1. Anti bakteri
  2. Anti virus
  3. Melindungi kesehatan bayi dari virus beresiko, seperti HIV serta herpes

15. Tingkatkan manfaat pencernaan

Satu diantara manfaat air kelapa yaitu, air kelapa bisa bantu tingkatkan manfaat pencernaan pada ibu hamil. Umumnya manfaat pencernaan pada ibu hamil bakal alami masalah kehamilan seperti pelambatan mengolah makanan, hingga air kelapa bisa bantu tingkatkan manfaat pencernaannya. Jika manfaat pencernaan terbangun serta tetaplah fit, sebagian masalah pencernaan bisa dihindari. Gangguan-gangguan pencernaan itu diantaranya :

  1. Diare
  2. Sembelit
  3. Sulit buang air besar

16. Tingkatkan HDL

Air kelapa muda dapat dibuktikan mempunyai manfaat yang baik dalam tingkatkan HDL atau cholesterol baik didalam badan. Hal semacam ini bisa menghimpit tingginya angka cholesterol jahat didalam badan, serta bisa bantu menghindari terjadinya penyakit kritis lain yang dikarenakan oleh tingginya kandungan cholesterol jahat didalam badan. Masalah kehamilan ini akan berlangsung pada ibu hamil yang mempunyai kecenderungan kandungan LDL yang tinggi.

17. Menurunkan tekanan darah

Ibu hamil harus hindari terjadinya tekanan darah tinggi. Larangan ibu hamil ini memanglah utama, lantaran bakal punya pengaruh pada keadaan kesehatan janin. Untuk menghindari serta kurangi tekanan darah tinggi yang berlangsung pada ibu hamil, air kelapa muda bisa digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil ini dikarenakan oleh kandungan potassium yang terdapat didalam air kelapa muda alami.

18. Satu diantara sumber energi

Butuh di perhatikan, air kelapa muda mempunyai kandungan glukosa yang cukup tinggi. Hal semacam ini bisa bantu ibu hamil dalam peroleh daya dalam lakukan aktivitasnya keseharian. Langkah melindungi kehamilan supaya tetaplah sehat paling penting yaitu dengan tetaplah melindungi konsumsi daya sehari sekali, selain mengkonsumsi makanan sehat serta bergizi yang lain.

19. Kandungan vitamin C

Satu diantara kandungan utama dari air kelapa yaitu kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini bisa bantu memenuhi keperluan badan bakal vitamin C tiap harinya, terlebih untuk ibu hamil. Buah buah untuk ibu hamil memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk badan untuk :

  • Memberi imunitas serta ketahanan badan
  • Menghindari serta mencegah beragam jenis penyakit
  • Sebagai zat antioksidan

20. Memiliki kandungan vitamin B

Vitamin B juga adalah satu diantara bentuk vitamin yang terdapat didalam air kelapa muda. Khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil karenanya ada vitamin B, bakal bantu pergantian jaringan-jarinagn badan yang rusak, terlebih pada ibu hamil.

21. Anti aging

Air kelapa gampang mempunyai khasiat yang baik sebagai anti aging atau anti penuaan di awal. Hal semacam ini dikarenakan oleh karakter dari air kelapa muda yang bisa bantu memperbaharui beberapa sel badan. Hal semacam ini amat baik dikonsumsi sesudah kehamilan, untuk menangani permasalahan stretch mark di perut. (Baca juga : khasiat anggur untuk ibu hamil)

22. Melindungi kesehatan jantung

Kandungan kalium serta magnesium tinggi yang terdapat pada air kelapa muda bisa bantu ibu hamil dalam melindungi kesehatan jantung, seperti serangan jantung serta detak jantung yg tidak stabil. Keadaan ini dapat dibutuhkan untuk ibu hamil untuk melindungi kesehatan janinnya.

23. Menghindari penyumbatan pada pembuluh darah

Khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil juga amat berguna untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, lantaran memiliki kandungan cholesterol baik yang cukup tinggi. Khasiat ini dapat dapat dirasa oleh siapapun, tidak cuma untuk ibu hamil.

24. Tingkatkan metabolisma badan

Ibu hamil amat memerlukan metabolisma tubuh yang tinggi. Disinilah peran air kelapa muda bakal merasa. Air kelapa muda bisa bantu tingkatkan metabolisme tubuh, terlebih untuk ibu hamil.

Manfaat Kelapa Ijo Dan Mitosnya Bagi Ibu Hamil

Kesegaran kelapa hujau memang tidak hanya disukai oleh Ibu hamil saja. Banyak kalangan yang gemar mengonsumsi kelapa hijau dan dicampur dengan es. Kandungan zat antioksidan yang terdapat pada kelapa hijau memang sangat penting sehingga aman jika dikonsumsi Ibu hamil. Tapi dalam mengonsumsi kelapa hijau sebaiknya jangan berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan bukan?

Dengan banyaknya Manfaat yang ada pada kelapa hijau, pasti banyak Ibu hamil yang juga ingin mengonsumsi kelapa hijau. Kelapa hijau tidak hanya baik untuk Ibu hamil, tetapi juga dapat menyehatkan janin yang ada dalam kandungan. Ibu hamil memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang aman dan tidak memiliki efek samping, salah satunya yaitu terdapat pada kelapa hijau.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kelapa Ijo Dan Mitosnya Bagi Ibu Hamil

0 comments:

Post a Comment