Seputar Larangan dan Pantangan Ibu Hamil

Wednesday 15 June 2016

Larangan Ibu Hamil Yang Wajib Di Ketahui Dan Di Jalankan

Larangan Ibu Hamil Yang Wajib Di Ketahui Dan Di Jalankan

Bagi setiap perempuan anugrah yang paling indah adalah dipercayanya dia oleh Tuhan untuk mengandung sebuah janin sebagi amanat yang harus diemban. Dan sekaligus sebagai bukti bahwa dia adalah seorang wanita sejati. Karena  banyak dari orang yang melakukan berbagai hal untuk mendapatkan anak atau kehamilan. Oleh sebab itu berbagai macam usaha dilakukan untuk menjadi kehamilan buat jabang bayi tercinta biar sehat dan juga sang ibunya. Terkadang banyak ibu hamil yang tidak mengerti tentang kesalahan mereka,  dan sering kali  menyesal setelah mengalami keguguran. Tentu hal ini tidak diinginkan bukan, untuk itu , ada beberapa tingkah laku atau kebiasaan yang sangat dilarang selama kehamilan. Guna menjada keamanan dan kesehatan janinnya.

Bagi anda yang sedang mengandung atau dalam proses menuju kehamilan, sebaiknya perhatikanlah beberapa pantangan dan ajuran ibu hamil. Sepanya kehamilannya sehat dan selamat sampai proses melahirkan. Pantangan yang dimaksud disini adalah larangan melakukan tindakan atau sesuatu yang harus dihindari oleh ibu hamil guna keselamatan janin dan ibu hamilnya.

Karena sering kali ibu hamil melakukan aktifitas yang seperti saat ia sedang tidak hamil, dan ia tidak sadar bahwa hal tersebut membahayakan sang janinnya. Karena aktifitas yang dilakukan oleh ibu sedikit banyak dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan kondisi kesehatan si bayi.
Dan tidak kalah penting aktifitas yang menyangkut emosianal dan mental si ibu juga berpengaruh pada kondisi sijanin juga lo shobat BUMIL.

Sehingga penaran keluarga wajib untuk mengetahui apa saja larangan ibu hamil yang wajib untuk diketahui. Serta pola makan apa saja yang harus dihindari bagi ibu yang sedang hamil, untuk menghindari beberapa aktivitas atau kegiatan selama hamil juga dapat mempengaruhi kondisi fisik si janin dan si ibu sendiri

Untuk itu bersama keluarga , ibu hamil dapat terkontrol dari berbagai pola makan , gaya hidup yang kurang baik dalam masa kehamilan.

Dan Berikut Larangan  Ibu Hamil yang wajib di hindari demi kesehatan janin banyi.


  1. Mengkonsumsi makanan pedas, karena makanan yang pedas atau terlalu pedas dapay menyebabkan gangguan asam lambung dan diare, dan ini dapat menambah penderitaan sang ibu meski tidak terllau berpengaruh pada janin.
  2. Mengangkat beban yang berlebihan kisaran diatas 12 kg, ini sangat berbahanya bagi kehamilan BUMIL karena beban yang terlalu berat mengakibatkan BUMIL mengeluarkan tenaga yang ekstra dan bisa berdampak pada keguguran.
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi cokelat . Biasanya sebagian orang yang sering mengalami mual atau muntah sering mensiasatinya dengan makan coklat. Karena  kafein dalam kandungan coklat  mampu memperbaiki suasana hati dan mencegah penurunan kadar gula darah bagi BUMIL. Namun, hal ini kurang  baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan  dapat memicu diabetes.
  4. Terlalu sering melakukan Mandi Uap atau Sauna. Karena mandi sauna dapat memicu kenaikan suhu tubuh hingga mencapai kondisi hipertermia. Sehingga dapat mengakibatkan kecacatan janin terutama bila dilakukan diusia kehamilan 3 bulan pertama
  5. Melakukan imunisasi , terutama imunisasi campak ,cacar air, gondong dan rubella karena hal ini dapat mengganggu kesehatan janin dan bisa berakibat kecacatan. Sedangkan imunisasi yang baik dilakukan adalah imunisai toxoid yang bermanfaat untuk mencegah tetanus pada calon bayi, serta imunisasi hepatitis.
  6. Melakukan posisi tidur yang salah , seperti terlentang atau tengkurap. Karena posisi tidur seperti ini dapat menghambat aliran darah kejanin. Dan sebaiknya BUMIL melakukan posisi tidur miring keiri atau kekanan dan jika sudah terasa pegal segera diubah posisinya.
  7. Khusus untuk ibu hamil yang alergi minum susu sebaiknya untuk menghindarinya dan dapat menggantinya dengan keju atau mentega. Karena dikausus tertentu ada beberapa BUMIl  yang bila minum susu malah terasa mual dan muntah.
  8. Terlalu lama nonton TV atau komputer karena ini berbahaya bagi radiasi yang dipancarkan pengaruhnya bangi perkembangan janin, dan posisi duduk yang terlalu lama dapat menghambat aliran darah.
  9. Hindari konsumsi makanan laut seperti kerang atau ikan yang sudah tercemar merkuri limbah beracun, tertama bagi sebagian penduduk yang tinggal di pesisir pantai dan dekat dengan pembuangan limbah pabrik.
  10. Hindari minum Teh,kafein dan soda terlalu berlebihan karena kandungan gula didalamnya dapat memicu terjadinya kenaikan gula darah yang berlebihan. Sehingga mengakibatkan resiko tekanan diabetes bagi ibu hamil.
  11. Mendengar sura yang bising atau terlalu keras, karena  akan membuat fisik si ibu menjadi stress terutama suara hingar bingar pesta, konser musik rock dan suara bising lainnya. Karena hal ini bisa berpengaruh pada pendengaran si bayi terutama pada kehamilan tri-smester pertama
  12. Berseperda, bersepeda memang sangat menyehatkan bagi kita terutama dilakukan di pagi hari yang udaranya masih segar dan bersih. Namun khusus untuk ibu hamil hal ini memiliki resiko yang cukup besar terutama bagi ibu yang memasuki masa trismester kedua. Karena semakin besar perut ibu hamil, tingkat resiko keguguran akan semakin besar pula. 
  13. Menghindari dehidrasi, sebab dehidrasi dapat mengganggu perkembangan janin bayi. Sehingga dianjurkan khusus untuk ibu hamil jika berpergian selama membawa persedian air putih dalam wadah botol
  14. Memakai Hak sepatu yang Tinggi
  15. Memakai sepatu dengan hak yang tinggi merupakan kegemaran setiap perempuan yang mengikuti trand gaya dan style masa kini. Namun ini kan berbahaya bagi ibu hamil jika perutnya sudah semakin besar karena pemakaian hak sepatu yang tinggi mengakibatkan kerja otot pinggang dan punggung menjadi ekstra semakin besar perutnya semakin besar pula tumpuan bebannya.Ketegangan otot inilah yang menyebabkan tubuh ibu hamil tidak nyaman dan terasa sakit pada bagian punggung- pinggang dan betis. Dan juga dapat membuat ibu hamil kurang nyaman dan mudah lelah. Dan perlu di ingat juga pemakian sepatu hak tinggi saat ibu hamil juga dapat menyebabkan kaki bengkak saat hamil dan juga mudah jatuh karena keseimbangan yang buruk.
  16.  Pemakian baju yang terlalu ketat. Sebab memakai pakaian yang terlalu ketat pada bagian perut akan membuat janin juga bisa merasa tertekan dan engap, lebih-lebih jika bahan pakaian tersebut tidak lentur atau mengikuti bentuk tubuh. Sehingga janin yang ada didalam perum bisa kesulitan mendapatkan asupan oksigen secara sempurna.
  17. Terlalu Stress , situasi yang tertekan atau yang membuat stress yang menimbulkan kemarahan atau emosional yang berlebihan, ternyata berdampak pada janin yang dikandung oleh ibu. Karena adanya ikatan perasaan yang sangat kuat ini sehingga janin bisa merasakanya. Dan jika situasi ini terus berlanjut maka bisa mengakibatkan keguguran pada janin.
  18. Melakukan Diet selama Kehamilan, diet bagi ibu hamil sangatlah besar resikonya untuk janin bayi. karena janin bisa mengalami kekurangan asupan gizi, selain itu diet bisa menyebabkan cacat bayi karena kurangnya zat tertentu selama kehamilan.
  19. Merokok saat hamil, khusus untuk ibu hamil semua kalangan medis sepakat untuk melarangnya karena zat nikotin yang terhisap secara langsung pada paru-paru akan menyebabkan janin mengalami gangguan. Karena zat ini dapat berdampak pada gangguan berat tubuh janin. Dari berbagai studi menyatakan bahwa janin yang dilahirkan dari ibu perokok pasif dan aktif memiliki berat badan yang rendah dan rentan terhadap penyakit.
  20. Terlalu sering mengkonsusi makanan mentah. Di negara tertentu mengonsumsi makanan mentah meruapakan hal yang sangat lazim seprti halnya di Jepang. Namun tahukan anda jika menkonsumsi makan yang mentah resiko keguruan janin sangatlah besar karena kandungan makanan yang mentah rentan terhadap penyakit seperti virus dan bakteri serta caking.
  21. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, sekarang ini berbagaiprodak makanan banyak mengandung bahan pengawet baik yang alami maupun yang menggunakan kimiawi. Dari kasusu gangguan kehamilan sampai keguguran dan hamil aggur kebanyakan penyebabnya adalah terlalu banyaknya mengkonsumsi bahan pengawet yang di simpan dalam tubuh. Dan biasanya dari kasusu ini janin yang dilahirkan mengalami kelainan dan kekurangan gizi.
  22. Keseringan pemeriksan X-Ray, kebanyakan dari parar medis sepakat untuk menghindari pasien ibu hamil yang melakukan pemeriksaan x-ray atau ronsen. Sebab radiasi yang ditimbulkan dapa menyebabkan pertumbuhan sel kanker pada janin. 

Dari sekian banyak ulasan larangan kehamilan diatas, kuncinya kembali lagi pada anda sebagai ibu hamil karena ada yang mengerti kondisi fisik dan tubuh anda. Intinya berikan yang terbaik buat sang jabang bayi anda. Perlakuakan dengan benar supaya kelas dia lahir dengan keadaan yang sehat dan segar bugar dan juga sang ibunya. Patuhi segal anjuran dari dokter anda. Selalu waspada dan siaga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Larangan Ibu Hamil Yang Wajib Di Ketahui Dan Di Jalankan

0 comments:

Post a Comment