Seputar Larangan dan Pantangan Ibu Hamil

Tuesday 24 January 2017

6 Posisi Tidur Aman Buat Ibu Hamil Dan Tipsnya

6 Posisi Tidur Aman Buat Ibu Hamil Dan Tipsnya

Larangan Ibu Hamil-Tidur nyenyak bisa menjadi tantangan bagi ibu hamil. Posisi tidur yang biasanya nyaman, kini tidak lagi dirasakan. Jangan khawatir, ada beberapa posisi tidur yang dapat membantu ibu hamil memperoleh waktu tidur berkualitas.

Bagaimana posisi tidur ibu hamil muda yang nyaman dan aman untuk janin yang ada di dalam kandungan? Ini adalah pertanyaan yang pasti sering ada dalam benak seseorang selama masa awal kehamilan. Seorang ibu hamil sudah sepatutnya menjaga kondisi tubuh dan juga kondisi kehamilannya dengan berbagai macam cara. Bukan hanya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi saja, tetapi juga harus selalu memperhatikan aktivitas sehari-harinya supaya tetap nyaman dan tidak mengganggu kehamilan. Selain mengurangi kegiatan-kegiatan yang terlalu melelahkan dan tidak mengangkat beban berat, yang perlu diperhatikan berikutnya adalah mengatur posisi tidur. Jika pada minggu-minggu awal kehamilan Anda masih bisa tidur semaunya, seiiring dengan perkembangan kehamilan yang mengakibatkan ukuran perut makin besar dan perubahan bentuk fisik lainnya, maka posisi tidur pun menjadi lebih terbatas.

Wanita hamil biasanya mengahadapi situasi yang tidak biasa. Terlebih bagi kehamilan pertama maka akan menjadi pengalaman baru bagi ibu hamil. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil adalah sulit untuk tidur. Ada beberapa gangguan umum yang biasanya terjadi pada ibu hamil seperti :

  1. Badan yang terlalu lelah
  2. Rasa mual yang berlebihan
  3. Keringat berlebihan
  4. Sakit kepala
  5. Pinggul yang sakit

Jadi menggunakan posisi tidur seperti apa pun tidak menjadi masalah. Tetapi pada usia kehamilan menginjak bulan- bulan berikutnya di mana akan terjadi perubahan pada perut sang ibu karena pertumbuhan janin yang semakin membesar. Pada masa usia kehamilan berikutnya setelah trimester pertama sebetulnya sang ibu masih bisa menentukan posisi tidur yang diinginkan. Tetapi terkadang karena perubahan yang ada menjadikan sang ibu kurang leluasa untuk menentukan posisi tidur. Berikut beberap posisi tidur yang masih dapat dipilih oleh sang ibu.

Beberapa posisi tidur tertentu yang lebih dianjurkan untuk dipilih untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak serta maksimal dalam mendukung pertumbuhan janin, berikut selengkapnya.

6 Posisi Tidur Aman Buat Ibu Hamil Dan Tipsnya

1.Tengkurap

6 Posisi Tidur Aman Buat Ibu Hamil Dan Tipsnya

Bagi para ibu hamil muda yang mungkin ukuran perutnya belum terlalu besar, ternyata tidur dengan posisi tengkurap ini cukup aman. Akan tetapi pertanda kehamilan trimester pertama yang biasanya ditandai dengan bagian dada yang lebih besar dan lebih sensitif memang membuat seorang wanita kurang nyaman tidur dengan posisi tengkurap. Selain itu posisi tengkurap juga kurang sesuai dan sangat tidak cocok bagi ibu hamil yang ukuran perutnya sudah mulai membesar, karena akan mengurangi kelancaran peredaran darah antara sang ibu dan janinnya dan juga akan menyebabkan rasa mual.

2.Terlentang

6 Posisi Tidur Aman Buat Ibu Hamil Dan Tipsnya

Posisi terlentang adalah posisi yang paling aman dan paling nyaman untuk semua orang termasuk untuk wanita yang sedang hamil. Bagi para wanita yang sedang hamil muda, posisi terlentang ini sangat dianjurkan karena dengan posisi terlentang akan membuat Anda cukup nyaman saat tidur. Sedangkan bagi Anda yang kehamilannya sudah memasuki usia 16 minggu atau perut sudah mulai membesar, posisi tidur terlentang ini justru kurang disarankan. Hal ini dikarenakan saat Anda tidur terlentang, maka secara otomatis beban rahim Anda akan bertumpu pada bagian belakang tubuh Anda termasuk usus dan juga vena cava inferior. Maka dari itu posisis ini cukup rentan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan termasuk sakit pinggang, gangguan pencernaan dan juga wasir. Bahkan posisi tidur ini juga bisa cukup memengaruhi tekanan darah.

3.Miring

6 Posisi Tidur Aman Buat Ibu Hamil Dan Tipsnya

Posisi tidur ibu hamil muda yang sangat disarankan adalah posisi tidur dengan posisi miring. Meskipun sampai saat ini masih belum ada penelitian lebih lanjut yang mempelajari tentang bagaimana posisi tidur yang paling tepat saat sedang kondisi hamil, posisi miring ini cukup disarankan dan menjadi posisi tidur yang paling aman dan nyaman baik untuk ibu hamil dan untuk bayi yang ada di dalam kandungan.

4.Mengangkat Kaki ke Atas

Kehamilan pada trimester pertama akan menyebabkan gangguan kehamilan seperti rasa badan yang terlalu lelah dan sering buang air kecil. Beberapa ibu hamil mencoba untuk menempatkan bantal agar kaki menjadi lebih tinggi. pada dasarnya posisi ini harus dihindari. Tidur dengan kaki yang lebih tinggi bisa menyebabkan ruang janin menjadi lebih kecil. Selain itu kondisi ini juga bisa menyebabkan janin kekurangan oksigen.

5.Tidur Sambil Duduk

Ketika ibu hamil mengalami gangguan kehamilan seperti mual dan mulas yang berlebihan, ibu hamil biasanya mencoba untuk tidur di sofa sambil duduk. Posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil ini, karena bisa meningkatkan tekanan pembuluh darah yang berlebihan untuk jantung.
Selain itu, bisa menyebabkan rasa lelah yang berlebihan pada bagian punggung. Bagi ibu hamil yang memiliki wasir maka posisi ini bisa memperburuk keadaan.

6.Tidur Terlentang Posisi Kepala Lebih Tinggi

Kehamilan memang akan menyebabkan ibu hamil sulit untuk mendapatkan rasa tidur yang nyaman. Hal inilah yang sering menyebabkan ibu hamil sulit untuk beristirahat. Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi ternyata juga tidak diperbolehkan.
Hal ini bisa menyebabkan asupan oksigen untuk ibu hamil menjadi lebih terbatas. Selain itu, posisi ini akan meningkatkan tekanan untuk hati, plasenta, ginjal dan punggung ibu hamil.

6 Posisi Tidur Aman Buat Ibu Hamil Dan Tipsnya

Tips Aman Tidur Nyaman Pada Ibu Hamil


  1. Banyak ibu hamil yang merasa khawatir karena tidak bisa tidur dengan nyaman selama hamil. Selain itu, beberapa gangguan kehamilan sering membuat ibu hamil tidak bisa tidur seperti sebelum hamil. Untuk mengatasi berbagai jenis gangguan tidur selama kehamilan, maka ikuti beberapa tips dibawah ini.
  2. Gunakan banyak bantal disekitar tempat tidur. Anda bisa memilih jenis bantal yang lembut agar kepala, tangan, kaki dan punggung bisa mendapatkan posisi yang paling nyaman.
  3. Jika ibu hamil bangun dan menyadari posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil dengan posisi miring ke kanan, maka hal ini memang sangat wajar. Untuk menjaga posisi tidur agar tetap pada posisi maka gunakan bantal penopang untuk punggung dan kaki. Posisi ini sangat disarankan untuk ibu hamil.
  4. Gunakan pakaian yang longgar, tidak panas dan tetap lembut untuk kulit. Pakaian ini akan membuat ibu hamil merasa lebih nyaman sehingga tidur menjadi lebih baik. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat karena bisa menyebabkan tubuh kurang leluasa.
  5. Jika anda tidak bisa tidur dan mengalami banyak gangguan tidur selama trimester ketiga, maka bisa menggunakan bantal atau sofa khusus yang dilengkapi dengan banyak bantal.
  6. Hindari mengkonsumsi makanan pedas saat malam hari. Makanan pedas merupakan makanan berbahaya untuk ibu hamil, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga ibu hamil bisa diare.
  7. Cobalah untuk rileks sepanjang kehamilan dan menjauhkan pikiran dari tekanan. Pikiran yang santai dan rileks juga bisa meningkatkan kualitas tidur.
  8. Atur asupan nutrisi selama hamil. Makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi akan menyebabkan perasaan yang lebih nyaman. Selain itu, makanan ini juga akan meningkatkan kadar gula darah sehingga bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman.
  9. Minum segelas susu hangat menjelang tidur juga bisa menjadi salah satu cara untuk tetap nyaman selama tidur. Jika mengalami gangguan mual yang parah maka hindari minuman dan makanan yang bisa memicu mual dan muntah.
  10. Olahraga ringan selama kehamilan. Bagi ibu hamil olahraga ringan seperti berjalan-jalan bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi gangguan tidur. Jika tubuh tetap berolahraga selama kehamilam maka bisa membantu tubuh dalam membakar kalori dan lemak. Selain itu olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur.
Demikianlah 6 Posisi Tidur Aman Buat Ibu Hamil Dan Tipsnya yang mungkin bisa anda terapkan bagi anda semua.Pilihkah salah satu posisi yang dirasa anda sangat nyaman dalam mempraktikkanya. Karena semua itu tergantung dari kondisi dan situasi keadaan masing-masing ibu hamil. Dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Posisi Tidur Aman Buat Ibu Hamil Dan Tipsnya

0 comments:

Post a Comment